Any questions, sir?

kalo orang barat biasana mengakhiri sebuah diskusi dengan kata, any questions, sir?

beda dengan orang kita, biasanya tanpa ditawari pun bakal ada pertanyaan….. kenapa ga ada penanyanya?

hehehe, masalah ini lucu banget, karena tanpa disadari kita “dikritik secara halus” dengan adanya ungkapan diatas.

sebenarnya masalahnya sepele, “mesti kudu dilatih”. yg berani ngungkapin sesuatu itu pastilah banyak berusaha, bener ga?

tapi lucunya lagi, kadang kalo kebablasan malah diskusinya ga nyampe tapi ampe2x jadi debat kusir deh hehee, ternyata belajar bicara juga mesti dilengkapin dengan cara pengungkapan juga yah ^^

wa pernah denger dari orang yg berpengalaman, banyak sekali diskusi dijalankan tapi yg sistematis n runtut itu sedikit. sistematis dalam hal penyampaian tentunya. itu karena situasi yg tidak terkendalikan oleh pihak yg terlibat dalam diskusi sehingga menjadikan diskusi biasanya tidak berbekas deh (diskusi selesai pun bubar babar blas wes ewes ewes ^^)

jadi musti gimana?

katanya sih, persiapannya hanya sebuah notepad, cukup tulis sesuai alur untuk runtutannya….

misalnya gini, diskusi lebih enak secara generalisasi bisa secara umum – khusus itu lebih bagus, khusus – umum juga bagus. tulis yg mengalir : semisal kita mau bahas tentang pohon, berarti runtut yah? hehehe

pembahasan untuk diskusi jangan ampe melebar, katanya kalo melebar waktu juga ga cukup kan sayang2x amat. dikit pun gapapa asal nyantol intinya, jadi yg terpenting : inti deh ^^

kalo tiba2x ditunjuk jadi moderator maka harus bijaksana bagi2x waktu oke? tapi yg terpenting juga adalah mengarahkan diskusi agar tidak pindah jalur.

nah intinya juga, diskusikan yg bisa didiskusikan. kadang kita pengennya diskusi yg aneh2x, itu ga perlu dan buang2x waktu. diskusikan yg benar2x kita emang perlu untuk didiskusikan dalam forum itu.

jadi coba deh belajar dari pengalaman, semakin kita banyak diskusi semakin kita terbuka lebar pandangan kita. jangan cari forum diskusi yg tidak perlu, akan ada banyak yg sia-sia n yg pastina bukan diskusi didalamnya tetapi akan ke arah debat kusir hehehe.

so, mari open your mind, open your eyes, open your mouth, and say “based on my argue….” ^^

semangat2!

2 Responses to “Any questions, sir?”


  1. 1 mina Mei, 31, 2007 pukul 9:51 am

    iya ya, di Indo memang gitu kebanyakan.
    perlu dilatih sih, yang namanya berbicara didepan publik itu.
    saya juga dlu sangat grogi dan suka susah klalau mengungkapkan pendapat di depan umum.

    tapi waktu kul, karena terlatih oleh banyaknya presentasi dsb, jadi lumayan lah klo untuk ukuran kelas kul. Tapi kalau di publik besar2an mah masih suka grogi juga T_T

    jdinya lebih suka nulis deh

  2. 2 mibu shinobi Juni, 5, 2007 pukul 10:03 pm

    @ mina: thx atas komennya. iya nih, memang perlu diupayakan sedari dini yah ^^


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




rodi rodi

Mei 2007
M S S R K J S
    Jun »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
Dengan bangga menjatakan bahwa Shinobi adalah:

haruhiism

another artwork:

my photobucket


%d blogger menyukai ini: