es dawet

ahehehe, tek tek tek tek…. kalo musim panas gini lebih enaknya minum apa yah? ujar bang bakrie.
terus kata mas Bagyo asal banjarnegara bilang, “Lha lebih enak kalo minum es dawet aja”.

bang bakrie keheranan, “es dawet itu apa sih, mas?”

ow, ternyata bang bakrie ga tau es dawet itu apa. terus mas Bagyo ngejelasin, “es dawet itu minuman asal banjarnegara mas. dalemannya dikasih gula jawa, cincau kas jawa yg warnanya hijau, kadang cincau yg itam juga dikasih terus dikasih santan, dikasih es… jadi deh ^^”

“es campur yah mas? kalo itu sih saya juga tau, mas…”, ujar bang bakrie sok tau.

“oalah yang ini beda, mas bakrie”, sanggah mas Bagyo dengan mantap, “es dawet itu udah punya arti sendiri di dalam kehidupan wong cilik terutama di daerah banjarnegara”.

“lha kok bisa, mas bagyo?”, ujar bang bakrie keheranan, “terus apanya yang beda?”

“begini…. mas eh enaknya panggil bang apa mas? yo wis, panggil mas aja yah, lebih enak ^^ iya begini mas, mas suka cerita pewayangan ngga? suka yah? nah kan di cerita pewayangan ada tokoh punakawan kan? yang itu tuh, ada Semar, Gareng, Petruk, Bagong atau kalo di banyumasan disebut Bawor…”

“Oh iya saya tahu itu, kalo di sunda petruk disebut dawala kan?”, potong bang bakrie.

“iya benar! benar itu. nah, coba mas tengok… di tentengannya orang jualan es dawet, terutama yg asli banjarnegara…. ada ukiran apa coba?”

bang bakrie berpikir dulu. agak lama kemudian lewatlah yang jualan es dawet. orangnya menenteng dengan 2 sisi yg seimbang, di cet hijau dan ada ukiran wayangnya di atas.

“ah o iya, tuh dia, itu kalo ga salah…. Semar… dan satu lagi…. bagong yah?”, ujar bang Bakrie bersemangat.

“iya benar! itu semar dan satunya lagi bagong. lha, bang kok tahu itu ^^”

“iya jelas…. saya kan wayang mania ^^ ngomong2x kenapa dengan wayang 2x itu?”, ujar bang Bakrie agak narsis dikit.

“Nah, bang… apa yang abang ketahui tentang semar?”

“Semar? yang disebut ki semar yah? di cerita pewayangan india, bukannya semar itu dewa penuntun manusia?”

“gilee bener nih abang, senang cerita pewayangan india juga yah?”, ujar mas Bagyo.

Bakrie cengengesan, “ah ngga, saya suka dengan pemerannya aja”.

“Wee… seketek – ketek loek!! btw, karena kita di indonesia, dan pewayangan kita udah rada beda dengan jalur cerita pewayangan india, jadi Semar itu adalah Ki Semar. Menurut orang Jawa, Ki Semar adalah sosok yang bijaksana, sang pamomong, dan merakyat”

“oh begitu….”, ujar mas Bagyo sambil angguk – angguk kecap.

“Nah, sekalian aja yah. terus Bagong adalah sosok ragil, kalau di masyarakat jawa adalah sosok yang terkenal merakyat. Sedangkan tokoh Bawor hanya ada di pewayangan Banyumasan, sebagai anak ki Semar yang paling tua. Bagong dan Bawor itu orangnya sama saja, seenaknya saja. Orang banyumas menganggap Bawor itu orangnya suka blak-blakan, terkenal polos, cocok dengan kehidupan masyarakat kecil. Itu sebabnya, sosok punakawan melambangkan bahwa es dawet itu minuman rakyat jelata.”

Bang Bakrie gantian menganga sambil bilang “O….o…O…. begitu toh, ceritanya.”

“Nah, tahu kan mengapa es dawet itu spesial? jadinya kita kan tau, maksud orang tua jaman dulu sperti apa. nah, dengan es dawet inilah, konon orang tua kita dulu merasakan adanya persatuan deh, jadi rakyat jelata”

“ah iya, ternyata budaya kuliner nasional kita memang punya makna yang dalam yah ^^ semoga saja bisa dilestarikan oleh generasi penerus bangsanya”, ujar Bang Bakrie semangat.

“Jangan hanya disimpan saja, tapi usahakan jadi kacang yang tidak lupa dengan kulitnya ^^”

2 Responses to “es dawet”


  1. 1 Master Li Juni, 2, 2007 pukul 1:25 pm

    Kalau minuman khas Banjarmasin apa, sensei…?:mrgreen:

  2. 2 mibu shinobi Juni, 5, 2007 pukul 10:01 pm

    @Master Li: hehe mana yus tau (biasanya minum sirup sih) hmm… apa yah? es cendol mungkin😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




rodi rodi

Mei 2007
M S S R K J S
    Jun »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
Dengan bangga menjatakan bahwa Shinobi adalah:

haruhiism

another artwork:

my photobucket


%d blogger menyukai ini: