belajar karate… kihonnya dulu!

kira-kira baru 2 minggu belajar karate. gara-gara terlalu semangat saya berambisi untuk bisa dalam setiap kumite. kebetulan lawan tandem saya adalah seorang tipikal fighter sejati, dan saya kira bila ditempa dengan baik maka kelak akan menjadi fighter yang hebat!

hari demi hari, berlalu. sepertinya saya sudah sreg dengan karate! ketika itu, tadi malam saya membaca buku wawancara dengan shihan renshi achmad ali (dan 7 IKGA (International Karate-do Gojukai Association)). saya lahap sampai habis. dan menarik! disana saya baru tahu, bahwa dasar belajar karate adalah dimulai dari kihon (teknik dasar) nya dulu! menurut beliau, “bila kihonnya saja tidak benar, maka sikapnya pun tidak benar” dengan demikian karatenya pun tidak benar juga.

dari wawancaranya tersebut, beliau sangat menyayangkan apabila sudah ada yang memegang sabuk hita namun kihonnya saja masih kacau, misal ketika mawashi geri, mae geri, gyaku tsuki atau teknik lainnya tidak mencerminkan kihon yang benar. karena bagaimanapun, sebelum seseorang lebih lanjut mempelajari kata, belajar kumite, jiyu kumite, dsb mesti

menguasai kihon yang sebenarnya.

sebenarnya tidak salah pandangan Shihan Achmad Ali, karena di bawah instruksinya, tim indonesia (karate do gojukai) berhasil menyandang gelar

juara dalam kata beregunya (dalam event internasional tentunya).

oke deh. berarti saya mesti belajar kihon yang benar seperti apa! hosh… lalu

bagaimana dengan kumite?

kumite seharusnya merupakan aplikasi dari gerakan-gerakan yang ada. namun, sekarang ini, dan ada ahli karate mengatakan bahwa, sekarang ini kumite merupakan “pemiskinan teknik” dari karate-do itu sendiri. yah… benar juga sih, karena rata-rata di dalam kumite, hanya gyaku tsuki maupun mae geri saja yang digunakan. sedangkan mawashi geri pun jarang, apalagi teknik yang lain? hingga konon ada seorang master karate mengatakan, “kumite lebih baik diganti namanya menjadi ‘pertandingan teknik gyaku tsuki dan mae geri’ saja” (ahaha… sepertinya sindiran ini memang cocok n tepat yach n_n)

jadi, sebelum kumite… kihonnya dulu! ok? ^ ^

24 Responses to “belajar karate… kihonnya dulu!”


  1. 1 eyang Juni, 21, 2007 pukul 4:07 pm

    ikut karate yah? karate mana?

  2. 2 hideyoshi Juni, 24, 2007 pukul 3:42 pm

    yups. karate. kumite tanpa kihon? sama aja dong sama berantem jalanan, hehehe.

  3. 4 hideyoshi Juni, 24, 2007 pukul 5:11 pm

    Bikin Hakama/Gi/Jo/Bokken

    Bu Seiko Mansyur (orang Jap kawin ama orang indo, dulu si Pak Mansyur ini pendiri Aikido di Indo), rumah di manggarai, telp 021 8303618

  4. 5 somet Juni, 24, 2007 pukul 5:29 pm

    makacih bos infone…

  5. 6 khim September, 21, 2007 pukul 7:21 am

    memang teknik tendangan yang macam2 itu jarang berguna di pertarungan. tetap teknik dasar yang paling efektif

  6. 7 tiyo November, 15, 2007 pukul 8:19 am

    ga ada bahasan yang lain yach?????
    wah udah lama nie ga upgrade bout goju…

  7. 9 tiyo November, 15, 2007 pukul 8:47 am

    kabar-kabari dunks klo da pertandingan!!!!

  8. 10 dedy Agustus, 31, 2008 pukul 6:49 am

    kalo belajar tendangan putar (yushirogeri) boleh gak pake pemberat di kaki

  9. 12 sandy November, 8, 2008 pukul 10:32 pm

    kwkwkkwkwkwkwkwkwkwk!!!!!

  10. 13 shinobigatakutmati November, 12, 2008 pukul 3:23 am

    @tiyo: kebetulan akan ada pertandingan shiai bulan januari nanti🙂 tapi untuk ryuha gojukai saja😛

    @dedy: pemberat kaki dimana? setahu saya bila ditaruh di pergelangan kaki malah kasihan kakinya! kecuali pemberat kaki ditaruh agak diatas, tidak pada pergelangan kaki. itu berarti melatih otot kaki bagian atas. ^ ^ tapi belajar tendangan lebih baik tanpa pemberat. CMIIW ^ ^

    @sandy: wkwkwkwkw juga😛

  11. 14 faizal zainuddin Februari, 18, 2009 pukul 10:08 pm

    memang kumite indonesia bkn dr gojukai..
    cuma kata beregu putra (saya,fidelys dan aswar) dan perorangannya (saya) saja dr gojukai..
    dan dilatih langsung sama shihan achmad ali di dojo gojukai sulsel

  12. 16 PORDIBYA April, 21, 2009 pukul 12:01 pm

    Osh Salam KARATE,,,,,,,,

  13. 18 nadiah imuet April, 11, 2010 pukul 5:42 pm

    rupanya karate bagiku sangat menyenang kan. tapi karna aku baru ikut karate belum banyak tau tentang karate.tolong dukung aku yah temen-temen semua biar aku menjadi yang terbaik

  14. 21 muhammad hilman Juni, 8, 2010 pukul 3:15 pm

    saya menginginkan beljar karate karena saya ingin menjadi siswa berprestasi

  15. 22 ridwan September, 19, 2010 pukul 11:31 pm

    Kihon menurutq nggak hanya pada gerakan, melainkan jiwanya harus ditanamkan ksatria yang benar. Oke. Belajar karate g cuman belajar beladiri tetapi bisa juga untuk memperbaiki jiwa.

  16. 23 kamal putra gojukai November, 15, 2013 pukul 9:42 pm

    Salam karate
    oniganismes

    Berarti kita harus memperkuat katak dri pada komite

    GOJUKAI

  17. 24 magnificool Agustus, 17, 2014 pukul 3:35 am

    mas kamal, basic pembelajaran tradisional adalah di Kihon dan Kata adalah perluasan dari Kihon yang kita pelajari. metode Jiyu Kumite merupakan metode opsional yang memang dikembangkan oleh hanshi gogen yamaguchi sendiri. jadi untuk dasar landasan awal memang kata sangat diperlukan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




rodi rodi

Juni 2007
M S S R K J S
« Mei   Jul »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
Dengan bangga menjatakan bahwa Shinobi adalah:

haruhiism

another artwork:

my photobucket


%d blogger menyukai ini: