meaning of Karate with mokusho…. and naotte… ^ ^

onegaishimasu!

Lama saya tidak menulis di bidang karate kembali. Hihihi berhubung saya juga masih level “rendahan” (tapi Alhamdulillah sudah naik ke kyu 8 :P).

yah, sebagai permulaan… saya sedikit membicarakan tentang mokusho… dan naotte…

 ..

..

 

Apa sich itu Mokusho… dan Naotte…?

Mokusho merupakan awal dari setiap gerakan karate. Inti dari mokusho adalah memejamkan mata, menenangkan pikiran, menyatukan jiwa ke dalam pikiran, sehingga pikiran menjadi dalam kondisi zero point. Dalam hal ini, maka kita kembali lagi ke makna arti dari Karate itu sendiri..

Karate

karate

 Seperti kita ketahui, dahulu Karate sering disebut juga dengan Tang So Do (Tangan Tang), karena berujuk pada sejarah awal dari kesenian beladiri tersebut yang diperkirakan berasal dari Dinasti Tang. Kemudian istilah Tang So Do diubah berdasarkan Kanjinya menjadi Karate (Kara = kosong dan Te = tangan) dan maknanya berubah menjadi “Tangan Kosong”. Namun oleh Gichin Funakoshi sendiri, yang memiliki ide merubah kanji tersebut, bukanlah berarti karate adalah seni beladiri hanya dengan menggunakan tangan kosong saja seperti yang kita tahu dan kita fahami sekarang . makna kosong itu sendiri berasal dari pepatah zen yang ditulis oleh seorang pendeta bernama Takuan:

 

“If you place your mind on the movements of your opponent, your mind is absorbed by the movements of your opponent. If your mind is on the sword of your opponent, your mind is absorbed by the sword of your opponent. If your mind is on cutting your opponent, your mind is absorbed by cutting your opponent. If your mind is on your sword, your mind is absorbed by your sword. If your mind is on not being cut, your mind is absorbed by not being cut… “Where then, should the mind be! You should put your mind nowhere. Then your mind is diffused throughout your body, stretched out, totally unfettered. If your arms are important, it serves your arms. If your legs are important, it serves your legs. If your eyes are important, it serves your eyes. It works freely in the body wherever necessary. If you concentrate on one place, your mind, absorbed by that place, is useless. If you are worried about where to place your mind, your mind is absorbed by that worry. Ku should throw off worry and reason. Let your mind go over your entire body, and never fix your mind on a certain place. Then your mind must accurately serve in response to the needs of each part of your body.”

 intinya, lebih lanjut dalam kitab Zen itu mengatakan bahwa “bagaimana seharusnya kita menempatkan pikiran kita? yaitu dengan tidak menempatkannya pada suatu tujuan tertentu apapun itu!” dan lebih lanjut, biarkan pemikiran kita mengalir dalam diri kita, mengikuti proses pengosongan yang ada pada diri kita.

itulah konsep zero mind yang sekarang ini mulai dipopulerkan kembali dalam kajian

yang lebih luas lagi tentunya.

Nah, dalam Mokusho, berarti kita zero kan pikiran kita, biarkan mengalir pada diri kita. Hingga kita merasakan setiap aliran darah adalah berharga, setiap keringat yang mencucur adalah berharga, setiap alunan nafas juga berharga. Maka pada saatnya kita mulai berlatih Karate, pikiran kita adalah “zero”. tidak ada ego yang membebani, tidak ada tugas2x dan aktivitas luar yang mengganggu latihan kita, tidak ada penat dan peluh yang membahana. semuanya yang ada hanyalah sekitar kita yang berbaur aura semangat!

Pentingnya mokusho layaknya kita akan mulai suatu perjalanan. Yang pasti kita butuh niat. nah setelah punya niat, yang kedua adalah tekad. yang ketiga adalah konsistensi. ketiga inilah yang mengalir pada makna mokusho. sehingga, setelah kita selesai dari mokusho ini, maka kita akan benar-benar menjadi jiwa kita yang sekarang, tanpa beban apapun.

ritual mokusho ini biasanya bentuknya adalah memejamkan mata, berdoa kepada Tuhan YME dan setelahnya kita menutupi dengan naotte.

naotte adalah kembalinya diri kita dari mokusho itu sendiri.

 

 yup! itu saja dulu. ntar bersambung lagi

 ^_^

 

7 Responses to “meaning of Karate with mokusho…. and naotte… ^ ^”


  1. 1 shinobigatakutmati Desember, 27, 2007 pukul 1:41 pm

    saya buka layanan tanya jawab ^ ^

  2. 2 qzink666 Desember, 28, 2007 pukul 3:21 am

    Terangin dong untuk layak disebut master itu mulai sabuk apa dan berapa aja? Jujur, saya buta soal seni beladiri yg satu ini..

  3. 3 rozenesia Desember, 29, 2007 pukul 10:04 am

    Wah, saya juga pengen nanya gitu…kayak komentator di atas.😛

  4. 4 shinobigatakutmati Desember, 30, 2007 pukul 11:02 am

    @qzink666 dan rozenesia: bisa dibaca di who is Master of karate
    terima kasih ^ ^

  5. 5 haerul said November, 4, 2009 pukul 3:19 pm

    Osh, salam kenal ya, artikelnya sangat bagus, tidak hanya olah fisik saja tapi melibatkan olah jiwa, beladiri memang selayaknya seiring dengan pengolahan jiwa itu agar hidup ini menjadi indah.

  6. 6 Allam Aly Juni, 1, 2011 pukul 1:14 pm

    mokusho dan naotte itu sama dengan meditasi kan??


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




rodi rodi

Desember 2007
M S S R K J S
« Nov   Jan »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Dengan bangga menjatakan bahwa Shinobi adalah:

haruhiism

another artwork:

my photobucket


%d blogger menyukai ini: