Who is the master of Karate?

sehubungan dengan penasarannya rozenesia dan qzink666 mengenai master Karate itu dapat disandang bila sampai berapa tingkat? maka saya akan sedikit mengulas tentang master dalam Karate

Master Karate: awal

 Para Master Karate pada awal berdirinya merupakan sosok ksatria yang disegani. Mereka telah mengembangkan Karate dari bentuk aslinya menjadi berkembang ke aliran yang kita kenal sekarang. Konon, ada dua aliran Karate yang terkenal: Shuri-Te dan Naha-Te. Master yang terkenal seperti Gichin Funakoshi (Shuri-Te dan founder Shotokan-ryu Karate-do) dan Karnyo Higaonna (dialek lain Karnyo Higashioma, yakni dari aliran Naha-Te).

Menurut pendapat dari Hanshi Gogen Yamaguchi, seorang master karate tak lain
adalah

 

“Master karate adalah orang yang tidak hanya mengerti tentang tekniknya (saja) secara lisan, namun mampu mempraktekkan dan menguasainya sendiri”

Maksud di atas sudah jelas, bahwa Master bukan sembarang master (istilah sekarang adalah Shihan). Jadi seseorang yang berada pada tingkatan shihan maka dia harus mampu menemukan makna yang tersembunyi (Kakushin) dari setiap gerakan (Kihon maupun Kata) mampu mengaplikasikannya sebagai bagian dari hidupnya (Bunkai). Maka tidak salahlah bila Chojun Miyagi (Goju-ryu), Gichin Funakoshi (Shotokan-ryu), Hidenori Otsuka (Wado-ryu) ataupun Kenwa Mabumi (Shito-ryu), Mas. Oyama (Kyokushin-ryu), dianggap sebagai master-master Karate awal yang pernah ada.

 Perkembangan Master Karate Sekarang

Master karate sekarang sudah terbilang banyak sekali. Hal ini tidak lepas dari tingkatan Dan yang mereka sandang (cat: beberapa perguruan Karate memang memiliki perbedaan pada tingkatan Kyu, namun untuk Dan semuanya sama). Semakin tinggi tingkatannya, maka semakin tinggi tingkatan teknik dan penguasaan (serta pemahaman)nya dalam Karate. Saya beri contoh:

 

Seseorang yang baru Dan 1 akan dipanggil sebagai senior (Senpai) hingga Dan 3 (Sensei). dan untuk ke jenjang Dan 3 dibutuhkan usaha keras dan berkesinambungan (untuk takaran di Indonesia, sistem Dan memang agak berbeda dengan Internasional. maka jangan kaget bila seseorang dengan teknik yang biasa-biasa saja akan mendapatkan kenaikan tingkat secara “penghargaan (bukan karena memang suatu kelayakan namun karena memang sudah berkecimpung dalam Karate sudah begitu lama saja)” ke tingkatan selanjutnya (meskipun tidak bisa melanjutkan ke tingkatan yang lebih tinggi lagi) untuk dapat melanjutkan pelajaran terhadap teknik Karate). Setelah itu, sebutan yang biasa disandang antara lain:

Dan 4 : Shido-in

Dan 5 : Shihan

Dan 6 : Renshi

Dan 7 : Kyoshi

Dan 8 s.d 10 : Hanshi

 

 

Di dunia, ada banyak yang sudah mendapatkan tingkatan atas seperti Mario Higashioma-Hanshi (Okinawan Goju-ryu), Gogen Yamaguchi-Hanshi alm (Gojukai), Hideaki Kanazawa-Hanshi (Shotokan-ryu), Saiko Shihan Goshi Yamaguchi, dll. Namun kembali lagi, seorang Master Karate tidaklah lahir dari tingginya Dan saja, namun karena penghayatannya baik teknik maupun filosofis Karate yang begitu tinggi lah yang disebut sebagai Master. Maka saya rasa mereka-mereka yang disebutkan tadi adalah Master Karate yang hidup di masa sekarang.

 Lalu bagaimana bila kita ingin menjadi seorang Master dalam Karate?

Shihan Achmad Ali-renshi (Ketua Dewan Guru Gojukai Indonesia) pernah menyampaikan pandangannya terhadap Shihan-shihan yang ada di Indonesia yang saya serap dalam ingatan saya dan saya tuangkan sebagai hasil dari resume saya:

“Banyak sekali shihan-shihan yang ada di Indonesia namun tidak seperti shihan-shihan saja layaknya. Mereka tidak menguasai teknik dan filosofis Karate sebagaimana mestinya. Gerakan mereka tidak berdasarkan kihon yang benar. Ingat! kihon yang tidak benar (berarti) kamae (sikap)nya juga tidak benar, maka pemikirannya pun juga tidak benar. Bila mereka mendesain Karateka mereka dengan kihon yang tidak benar, maka selamanya mereka tidak akan mampu mencapai tingkatan lebih atas lagi. Sedangkan sistem kenaikan tingkat di Indonesia masih berdasarkan “penghormatan”, subjektifitas saja. Mereka yang (sepantasnya) tidak naik tingkat masih diberi toleransi untuk naik (ke tingkatan yang lebih tinggi). Tentu saja cara itu adalah salah! mengapa? sebab dengan demikian, mereka tidak akan bisa berkembang, dan lebih fatal lagi, karateka yang dicetak juga akan tidak benar.”

Karateka yang memiliki kihon yang benar tidak luput dari pengajarnya (Shihan/sensei yang mengurusi).

Selama ini pemahaman masih sangat dangkal. Saya selalu mengatakan betapa pentingnya bunkai dari suatu kata. Karena tanpa bunkai, maka kata hanyalah gerakan yang tidak lebih dari sekedar tarian biasa. Dan sungguh seharusnya Karateka tidak hanya berpegang prinsip sebagai atlit saja. Namun untuk menjadi seorang Karateka murni!

begitulah. Semoga dapat dipahami😛

8 Responses to “Who is the master of Karate?”


  1. 1 kurtubi Desember, 30, 2007 pukul 1:55 pm

    Waaah ahli bela diri.. baru ngeh adanya pedang di banner ituh…

    anu master apa kalau ngerokok itu bisa menghalangi kemapuan karate?

  2. 2 qzink666 Desember, 30, 2007 pukul 2:02 pm

    Terimakasih, master..
    Sekarang sedikit banyaknya saya mengerti tentang dunia perkaratean..😛

  3. 3 shinobigatakutmati Desember, 31, 2007 pukul 11:21 am

    @ Kurtubi: hihihi, saya mah cuman “tau sejarahnya saja :P”. Merokok setahu pengakuan shihan-shihan tidak menghalangi kemampuan seseorang dalam belajar Karate (saya juga banyak melihat Shihan yang merokok ketika melepas dogi (seragam karate)nya ~~ tentu shihan yang mana dulu ;P). tapi memang secara khusus Master-master Karate (sebenarnya) melarang untuk merokok karena berhubungan dengan kesehatan. Dan saya juga tahu dari Shihan Achmad Ali-renshi bahwa beliau juga “mengharamkan” merokok karena akan berefek pada pernapasan yang buruk. Dan kunci dari gerakan beladiri juga ada pada pernapasannya. Jadi bila pernapasannya terganggu, maka kestabilan tubuhnya pun ikut terganggu, dan penguasaan akan teknik pun terganggu. seperti itu ^ ^

    @qzink666: semoga bermanfaat ^ ^ ikuti terus info karatenya ya….

  4. 4 Cah Watulawang Agustus, 4, 2008 pukul 2:21 pm

    bahas kyokushin karate dong🙂

  5. 5 Muhammad Faisal Hakim Januari, 31, 2010 pukul 1:15 pm

    hehehehehe… menarik ya..😀

  6. 6 Allam Aly Juni, 1, 2011 pukul 1:03 pm

    yang mengetahui tidak lebih hebat dari yang menyukai, yang menyukai tidak lebih hebat dari yang menghayati..
    tolong d jelasin mksudnya dong..
    tambahin lg filosofi2 nya ya.. :p

  7. 7 okna drewniane pszczyna April, 1, 2013 pukul 5:38 pm

    To jest w istocie sławetny oraz użyteczny kawałek danych.
    Jestem zadowolona , że trafiłam na Twój materiał. Dziękuję za udostępnienie.

  8. 8 polystyrene concrete parking blocks houston Januari, 2, 2014 pukul 3:27 am

    Тo jest bardzo ładne zdjęciez należytymświatłem:
    )


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




rodi rodi

Desember 2007
M S S R K J S
« Nov   Jan »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Dengan bangga menjatakan bahwa Shinobi adalah:

haruhiism

another artwork:

my photobucket


%d blogger menyukai ini: