Ha..!!? o_O? Ternak di Indonesia Ngga Aman?????

 

 

.

..

..

.

 Menyedihkan bukan?

 

  • Peternakan di Indonesia rata-rata masih digarap secara tradisional, meskipun beberapa sudah bersifat perusahaan dan rada moderen dalam teknisnya tapi mereka termasuk saja peternakan rakyat yang masih perlu di perhatikan oleh pemerintah. Meskipun ada yang benar-benar moderen, itu bisa dipastikan bukan merupakan perusahaan murni milik Indonesia (mungkin ada beberapa pengecualian seperti  PT. Sierad Produce yang berada di jalur perunggasan)

 

  • Lha kok bisa? hingga kini pendekatan pemerintah dengan jalur penyuluhan masih sebatas meraba, belum bisa memisahkan antara mitos dengan kenyataan medis. Kenyataan ini bisa berimbas pada usaha di sektor peternakan Indonesia yang kian jatuh bangkit. Misalnya saja, produk daging yang beredar di pasaran. Memang ada jaminan bebas dari penyakit cacing hati dan cacing pita, tapi apakah ada jaminan terbebas dari cemaran bakteri E. coli yang berada di air minum maupun pakan ternak? dan kandungan yang melebihi dari standar justru akan membahayakan konsumen. Juga tentang penanganan penyakit-penyakit lainnya seperti brucellosis yang malah sempat menyerang sapi-sapi perah di Balai Pengembangan Pembibitan Ternak Unggul Baturraden yang merupakan instansi pemerintah beberapa kurun waktu lalu.
  • Menariknya, masyarakat kita juga masih awam terhadap kesehatan ternak dan juga penyakit yang mungkin dapat diderita oleh ternak!! Hal inilah yang menjadikan masyarakat kita terlihat mudah terombang – ambing isu yang tidak jelas, padahal bisa jadi isu itu sarat politik dan bertujuan untuk menghancurkan usaha peternakan di Indonesia yang kini sedang mulai menanjak pelan.

 

  • Kesulitan-kesulitan ini harusnya dapat ditanggapi oleh Balai Kesehatan Ternak maupun Dinas Peternakan setempat dan mampu mencari solusi yang baik. Menjadi hal yang lucu apabila masalah ternak ditangani oleh instansi lain. Beberapa langkah yang sudah dilakukan antara lain pengenalan kepada peternak rakyat tentang pentingnya biosekuriti diterapkan pada peternakan mereka. Usaha lainnya adalah dengan mengadakan penyuluhan tentang pentingnya menjaga kesehatan ternak dan bila perlu diadakan diklat guna menjadikan peternak lebih cepat tanggap dalam menanggulangi penyebaran penyakit. Lambat laun, usaha yang sejalan dengan ini akan mewabahi dunia peternakan di Indonesia dan tentu saja dapat menjadi awal yang baik untuk menyongsong masa depan yang lebih baik lagi🙂

17 Responses to “Ha..!!? o_O? Ternak di Indonesia Ngga Aman?????”


  1. 1 aRuL Januari, 14, 2008 pukul 4:11 pm

    waduh makan lauk apa nih yang baik?

  2. 2 shinobigatakutmati Januari, 14, 2008 pukul 5:42 pm

    @ aRul: yah, kita bisa berharap daging yang kita makan masih benar-benar kategori sehat ya…😉

  3. 3 cewektulen Januari, 14, 2008 pukul 6:25 pm

    duhhh menyedihkannnnn…………..

  4. 4 dodot Januari, 14, 2008 pukul 9:29 pm

    peternakan di Indonesia tidak dihargai sama sekali sama dengan pertanian, jadi kalau ada yang menganggap peternakan itu pekerjaan yang bodoh mereka salah, justru itu salah satu pekerjaan milyarder

  5. 5 tukang foto keliling Januari, 14, 2008 pukul 11:31 pm

    wah karikaturnya keren…
    goresan tangannya bagus

  6. 6 Hoek Soegirang Januari, 15, 2008 pukul 1:59 am

    wokegh, kalo begidu…
    IMPORRRTTT SAHAJA!!!!!!!!!!!!
    *digampar*

  7. 8 shige Januari, 15, 2008 pukul 10:03 am

    kamu ternak ya yus ?😀

  8. 9 ario dipoyono Januari, 15, 2008 pukul 11:04 am

    sebenarnya yang patut di pertanyakan kemanakah sarjana peternakan kita ? kenapa mereka lebih memilih pekerjaan di kantoran yangkatanya bergengsi dari pada kembali ke desa mengurus ternak dan menerapkan ilmu mereka????

  9. 10 huda Januari, 15, 2008 pukul 2:49 pm

    Tapi, ternak divaksinasi aja dikasih sertifikat, sedangkan klo anak sendiri divaksinasi suka lupa minta surat bukti udah divaksinasinya😀

  10. 11 panieirene Januari, 15, 2008 pukul 6:11 pm

    waahh…emang nasib indonesia kali ya selalu kayak gini..
    mudah-mudahan aja daging yg kita makan sehat..

    gimana sih cara buat link “BACA SETERUSNYA…” itu?

    http://panieirene.wordpress.com

  11. 12 shinobigatakutmati Januari, 16, 2008 pukul 12:04 pm

    @ cewektulen: begitulah….😦
    @ dodot: ahahah! setujuuuuu shinoo XD~🙂 *evil mode:on*

    @ Abeeayang™: ntar harga daging melambung tinggi kayak kedele gimana hehhehe (weks, udah mahal dari sananya kali ya ^ ^) XD????

    @ Shige: *gubraak!!?*

    @ ario dipoyono: *melirik ke diri sendiri* ah.. itu masalah duit kesanggupannya saja hihihi😛

    @ Huda: sertifikasi ya😀 bisa buat lamar kerja ga ya om ? ^ ^ *kabuuuuur*😛

    @ panieirene: iya kali ya…😛 pake ” aja (tanpa tanda petik)

  12. 13 shinobigatakutmati Januari, 16, 2008 pukul 12:05 pm

    ah maksudnya more heheh __ __”

  13. 14 faizku Januari, 16, 2008 pukul 1:53 pm

    hikikikikik…..
    jayalah peternakan luar negri…..o_O

  14. 15 evelynpy Januari, 21, 2008 pukul 9:02 am

    Lucu2
    Simple gambarnhya tapi menggelitik.
    Kapan2 aku gambarin dong🙂
    Well trus kalau hewan ternak nggak terjamin, kita makan apa dong, sedangkan tempen sudah mahal sekarang?

  15. 16 Junaidi Karo Karo Kacaribu Januari, 21, 2008 pukul 7:30 pm

    mahasiswa peternakan berkata :
    Peternakan Indonesia ngga seburuk yang kita pikirkan.
    cuma saja banyak oknum yang memanfaatkan kebodohan warga kita.
    heeee….. ini realita.

  16. 17 shinobigatakutmati Januari, 21, 2008 pukul 7:59 pm

    @ faizku : eh… betrayal huh?😛
    @ evelynpy : thx🙂 tetap saja kita makan daging dan tempe, cuman mungkin……………. _______ ________”
    @ Junaidi Karo Karo Kacaribu : yihaa! teman dari sesama peternakan sudi hadir juga XD~ benar ya. bangsa kita mudah di”bodohi” xixixi….. hidup peternakan!!!!!!!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




rodi rodi

Januari 2008
M S S R K J S
« Des   Feb »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
Dengan bangga menjatakan bahwa Shinobi adalah:

haruhiism

another artwork:

my photobucket


%d blogger menyukai ini: