aneh bintil bintil

shino membaca banyak sekali khawatiran, resahan, kritikan, juga pengaduan dari masyarakat yang mengatakan bahwa kenapa sih negara kita tidak maju? alasannya tentu saja karena orang-orang masih mementingkan kepentingan sendiri, kelompoknya, agamanya, dsb.

Akhirnya himbauan pun muncul: kalo mau maju, mari berpikir tentang negara. jangan banyak mikir agama melulu. Menariknya, himbauan para blogger pun senada dengan masyarakat pada umumnya🙂

tapi masalahnya bukan disitu….

namun melihat dari apa yang beredar di blog, ternyata  topik permasalahan agama masih diminati. dari yang anti, sampai yang unifikasi agama sekalipun, lengkap dah pokoknya.

….

waduh kalo begini beginu ini artinya apa ya???


karena ada permintaan untuk memperpanjang tulisan ini, okelah baik kalau begitu…

mengapa kasus agama menjadi isu yang paling menarik? padahal kita ketahui bahwa berbicara soal agama berarti bicara soal hal yang sangat sensitif? tapi dari segi mananya kata orang-orang itu merupakan hal yang menarik? dan mengapa pula para blogger menjadikan isu tersebut sebagai gerbang pembuka mereka kepada fans?

halnya simpel. kalau ngga berisi propaganda ya paling kontradiksi, kontroversi, dsbnya. berarti bukan dua kubu baik atau jahat yang diusung dari pengutaraan hal tersebut, namun lebih pada isu yang diperbincangkan dengan pendekatan tersebut. bolehlah kita mengatakan bahwa gaya satire yang selama ini diadopsi oleh para blogger adalah hal yang menarik, namun jangan lupa pula bahwa gaya lugas dari pemikiran blogger yang memiliki kelugasan dalam bahasa tertentu juga menarik untuk diperbincangkan. kadangkalanya adopsi dalam hal media ini menjadi perbincangan hangat. bila ingin dikaitkan dan dilakukan cross-check, berarti mereka yang menjadi pelopor perbincangan tersebut faham benar bagaimana mengendalikan media menjadi alat yang efektif.

terbukti, penggunaan tema yang paling dekat pembaca terutama tema yang kadangkala bernada sensitif merupakan hal yang mempengaruhi pola pikir pembaca. Ini berarti ada suatu pola kultivasi yang diabsorbsi oleh pembaca yang kemudian mereka membangun persepsi-persepsi dari apa yang dia tahu, baca, dan dengar. Hal ini sama seperti bintil bintil yang muncul di sekitar wajah kita. meskipun kecil namun sakit, tapi ketika besar rasanya ingin meletupkan. ketika pecah/meletup, rasanya enak sekali. namun ternyata kadangkala bila dipaksakan malah meninggalkan bekas pada kulit kita. hal ini sama seperti kita berbicara tentang tema tersebut bukan?

okelah ada himbauan tentang yang saya utarakan tadi, yuk kita jangan memperpanjang masalah yang tidak akan ada ujung pangkalnya. tapi kalau begitu berarti nilai excitement yang ada dalam berita adalah zero. kenapa? karena memaksa pembaca untuk taat pada bacaan yang menjenuhkan. hal inilah yang tidak disenangi oleh pembaca dewasa ini. mereka lebih suka digelitik dengan sindiran sindiran halus, kadangkala sindiran sinis juga perlu. dengan kata lain, mereka mau memperhatikan anda tapi dengan syarat, anda harus memperhatikan mereka. nah apa yang diperhatikan? tentu saja isu yang hangat sekarang ini, bukan? dan pasti anda semua tahu akan hal ini🙂

….

ternyata topik agama memang menarik untuk dibicarakan daripada lainnya😛

8 Responses to “aneh bintil bintil”


  1. 1 alex® Mei, 11, 2008 pukul 4:23 am

    …….

    Kirain kena cacar….
    :mrgreen:

    Ya udah. Salam kenal ya!😛

    *ngluyur*

  2. 2 randz888 Mei, 11, 2008 pukul 5:52 pm

    menarik sih…tapi kayany kapok ngomongin agama lagi…he3…
    Ntar ditimpukin sama …(huruf ke-6, huruf ke-16, huruf ke-9).he3…
    Syerem…

    Lam kenal…
    he3…

  3. 3 mataharicinta Mei, 13, 2008 pukul 9:12 pm

    judulnya udah menggigit.
    tapi postingannya dikit banget mas:(

  4. 4 shinobigatakutmati Mei, 15, 2008 pukul 10:54 am

    @ alex®: hehehe
    @ randz888: salam kenal juga😛
    @ mataharicinta: terinspirasi dengan perkosakata🙂

  5. 5 liroesdy Mei, 15, 2008 pukul 1:41 pm

    Salam kenal….

    Wah mas kirain bintil2 apa. Enggak ada salahnya lagi ngeblog soal agama. Kan juga termasuk berdakwah mas….

  6. 6 Sometogami Mei, 18, 2008 pukul 3:31 am

    hwakakakakak…….
    jadi….ceritanya takut nih….

  7. 7 nuha Mei, 19, 2008 pukul 9:32 pm

    aduh, judulnya bikin…..kirain deh….
    posting tentang agama emang seru, coz banyak yang beda persepsi dan pemahaman, agamanya beda2 juga. dari perbedaan itulah yang malah bikin seru, dengan begitu, blognya akan sering dikunjungi orang… oke kan???

  8. 8 shinobigatakutmati Mei, 21, 2008 pukul 8:07 pm

    @liroesdy: benar🙂 dan menariknya karena tujuan inilah yang paling sering disalahtafsirkan😛

    @sometogami: bukan takut… tapi bukankah hal tersebut adalah sama??

    @nuha: hehe… tapi karena itulah masalah ini juga bikin bintil bintil kan???😛


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




rodi rodi

Mei 2008
M S S R K J S
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
Dengan bangga menjatakan bahwa Shinobi adalah:

haruhiism

another artwork:

my photobucket


%d blogger menyukai ini: