kata dan bunkai

kata is the mother of Karate (means literally ” martial art”) and bunkai is the soul

suatu pemahaman dalam seni beladiri adalah bukan hanya dari bagaimana seharusnya kita belajar kihon, namun lebih lanjut pada aspek-aspek terpenting yaitu dalam pemahaman terhadap kata maupun bunkainya. kata disini adalah rangkuman dari gerakan-gerakan aplikasi yang dibuat secara runtut dalam bentuk yang mendasar dan menjadi rangkaian yang indah. oleh karena itu, kata bukan bersifat abadi, tapi gerakannya adalah bersifat mutlak. adapun dalam pelaksanaannya, itu tergantung bagaimana orang memahami kata yang ada dan dibentuk contoh aplikasi. itulah bunkai.

selama ini banyak atlit karate maupun beladiri lainnya hanya memfokuskan pada pelatihan kata untuk mencari poin ataupun pelatihan bunkai hanya untuk tontonan. hal ini sebenarnya adalah dampak dari pemendekan pemikiran dari pola kehidupan atlit yang hanya memfokuskan pada satu kata: poin. padahal, bisa dilihat berapa banyak orang yang paham tentang bunkai dari suatu kata tersebut? itulah ironisnya, dan fakta membuktikan bahwa dalam kompetisi kata beregu, dimana pada akhirnya akan memperagakan bunkai kata yang dimainkan, tidak terlalu diminati oleh para atlit kita sekarang ini. bahkan coach yang mengaku dirinya adalah seorang “shihan” terang-terangan menolak untuk berkembang dalam hal bunkai tersebut.

perlu diingat bahwa berkembang dalam bunkai bukan hal yang jelek. hal ini malah menjadi bukti bagaimana tingkatan seseorang dalam memahami suatu kata. dan justru inilah yang menarik dalam sebuah kata. satu kata memiliki penafsiran yang berbeda. hal tersebut mengingatkan saya pada sosok mario higaonna, yang menguasai bunkai kata tertentu yang menjadi favoritnya. ada lagi bagaimana gichin funakoshi yang menjadi founder shotokan menguasai kata tertentu beserta bunkainya. hal yang menarik adalah, sosok gichin funakoshi yang tingginya hanya 165 cm tersebut kadangkala banyak disalahtafsirkan oleh para muridnya. kadang, posisi “neko ashi dachi” dianggap mereka sebagai “kokutsu dachi”. inilah yang kerap kali orang merasa bahwa mereka dalam memahami suatu kata belum maksimal, dan untuk bunkainya, mari kita menyoroti sosok mario higaonna yang menguasai jenis bunkai dengan seksama.

ternyata pembelajarannya adalah bagaimana kita bisa berlatih beladiri dengan mampu menguasai sepenuhnya kata dan bunkai. cara menguasai tentu adalah hal yang sangat mudah. kita bisa membuat latihan secara tidak sadar. maksud disini adalah membiarkan bayangan dalam pikiran kita bermain kata dan kita membayangkan bunkai dari kata tersebut. bila tidak memiliki gambaran, kita bisa mencomot dari visual yang kita dapatkan dalam latihan. memang, tidak semua instruktor beladiri paham dalam pelatihan ini. mau tidak mau, lakukan gerakan suatu kata tertentu secara berulang-ulang, lalu lakukan pembenaran terhadap gerakan tersebut. orang yang lebih menguasai suatu kata tertentu lebih baik dibandingkan orang yang menguasai beberapa kata namun tidak mengaplikasikannya bahkan dengan kihon yang buruk.

lalu bagaimana dengan kelanjutannya? mintalah instruktor yang paham dan peduli dengan kemampuan anda. bila dia hanya sebatas tahu, maka carilah yang mengetahui dan menguasai betul. tidak akan sulit bila anda berkemauan. dan anda akan menemukan makna dibalik pelajaran beladiri tersebut.

keep spirit

9 Responses to “kata dan bunkai”


  1. 1 Sometogami Mei, 23, 2008 pukul 10:11 am

    Yeah, u know it well Yus, kamulah orangnya itu.
    Anyway, congratulation yah dah jadi sektif BEM, wah…, tambah amanah lagi nih🙂
    Whatever, titip GOJUKAI yah, aku bentar lagi dah harus out dari kampus. Masa depan GOJUKAI Fapet Unsoed juga ada di tangan kamu!
    Ganbarimashu!!! be no.1

  2. 2 Sometogami Mei, 23, 2008 pukul 11:18 am

    Kata senpai Raka, dalam karate classic, ada 2 tendangan utama, yaitu maegeri dan kensetsu geri, jang laen cuma modifikasion doang Yus🙂

  3. 3 Gimme Juni, 19, 2008 pukul 8:33 am

    Somehow i missed the point. Probably lost in translation🙂 Anyway … nice blog to visit.

    cheers, Gimme.

  4. 4 shinobigatakutmati Juli, 1, 2008 pukul 11:52 pm

    thanks… i just tell anything what i know ^ ^

  5. 5 Allam Aly Juni, 1, 2011 pukul 1:22 pm

    kok yg kumite blm dibahas..?
    bos, tolong kasih tau dong tips & trick dalam kumite.. :p

  6. 7 Swingli Sarendeng Juni, 20, 2011 pukul 11:11 pm

    perlu diakui, belajar bunkai prlu wktu latihan yg lama. tapi sbgai karateka dgn jiwa bushido sy tdk akn mnyerah. thanx ats tipsnya, bro!

  7. 9 hetty alzira Maret, 29, 2012 pukul 12:13 pm

    saya tidak bisa karate mangkannya saya ingin mempunyai jurus karate. tolong bantu saya ya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




rodi rodi

Mei 2008
M S S R K J S
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
Dengan bangga menjatakan bahwa Shinobi adalah:

haruhiism

another artwork:

my photobucket


%d blogger menyukai ini: