berapa kamu butuh protein setiap harinya?

salah satu sumber protein hewani

setiap hari kita butuh kandungan nutrisi yang cukup. tentu saja hal tersebut berguna agar tubuh kita tidak terganggu kinerjanya.ngomongin soal protein, sudah banyak yang tau dong kalo protein itu peran utamanya dalam hal regenerasi sel sebagai zat pembangun. nah, kalo protein kita ga cukup, berarti pertumbuhan kita juga ikut terhambat dong?

tapi darimana kita tahu kalau kebutuhan protein kita ini mencukupi atau tidak? nah ini permasalahannya. kadang kita lupa loh, kebanyakan makan eh tapi kebutuhan protein bagi tubuh dilupakan. ini sudah banyak kasus, dimana orang paling doyan mengemil makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak yang tinggi dibanding proteinnya hehehe.

karbohidrat jelas saja diminati, karena dia itu memang sumber energi yang utama, juga punya rasa yang manis. gula adalah salah satu contoh yang mengandung karbohidrat. sedangkan lemak pasti diminati karena bikin kenyang yah?

oke, sekarang kembali ke protein. ada cara simpel mengukur berapa protein yang kita butuhkan setiap harinya yaitu dengan menghitung berat badan

yupz, berat badan kita diibaratkan 1kg sama dengan 1gr protein per hari.

jadi jika kita berat badannya 60kg berarti kebutuhan proteinnya sebesar 60gram per hari loh

untuk protein hewaninya, kita ibaratkan seperempat dari kebutuhan protein perharinya. jadi jika dengan contoh di atas, berarti kebutuhan protein hewaninya sebesar seperempatnya yaitu 15 gram per harinya.

untuk kebutuhan protein ternaknya, kita ibaratkan sepertiga dari kebutuhan protein hewani per hari. jadi dengan contoh di atas, berarti kebutuhan protein ternaknya sebesar 5 gram per harinya.

sedangkan untuk protein nabatinya, ya tinggal selisih antara kebutuhan protein per harinya dengan protein hewani per harinya saja.

hal tersebut nantinya bisa kita ukur seberapa banyak sih misalnya produk peternakan yang kita butuhkan agar protein kita tercukupi.

contohnya saja nih, misalnya telur yang bobotnya 35 gram dengan kandungan protein telur sebesar 2,7% berapa butir telur yang kita perlukan dalam sehari agar kandungan protein kita tercukupi?

berarti tinggal kita hitung besarnya kandungan protein telur dari 35 gram telur tersebut, yaitu dengan 2,7%nya dari 35 gram. maka akan didapatkan 0,945 gram.

maka banyaknya butir telur yang kita perlukan adalah protein ternak yang dibutuhkan per hari dibagi besarnya kandungan protein telur dari 35 gram telur tersebut yaitu 5 gram dibagi 0,945 gram maka sebesar 5 – 6 butir telur setiap harinya deh ;)

nah gimana? hal tersebut juga berlaku bagi produk peternakan lainnya ^ ^

mari sejahterakan hidup kita ^ ^

17 Responses to “berapa kamu butuh protein setiap harinya?”


  1. 1 I Putu Sukmayasa Juni, 17, 2008 pukul 12:05 pm

    Gimana dengan yang nabati, bisa minta penjelasan lebih lanjut, makanan apa yang mengandung protein nabati dan seberapa banyak kandungan proteinnya,

    apa benar dengan protein yang cukup dapat menambah berat badan. thanks a lot

  2. 2 shunichirou Juni, 19, 2008 pukul 9:46 am

    eit

    telur itu sumber kolesterol yang cukup tinggi lho…
    (kuningnya)

    jadi, kl pengen kurus, jangan makan kuning telor atau makanan berbahan kuning telor :)

  3. 3 shinobigatakutmati Juni, 22, 2008 pukul 12:05 am

    ehehehe sterol itu dalam arti lainnya adalah lemak. kolesterol berarti lemak yang terdapat pada hewan. dan kandungan kuning telur adalah lemak.

    sebenarnya makan kuning telur tidaklah terlalu bermasalah. cuman ada beberapa orang yang memiliki alergi dengan telur. itu saja.

    kadang ada yang menganggap sayur sayuran itu non kolesterol. itu benar! lagipula sudah jelas kalau kolesterol tidak akan dapat ditemukan di jenis sayur2an karena memang dihasilkan pada ternak saja. sedangkan sayur2an memiliki sterol tersendiri, fitosterol.

    nah, orang ngiklan kadang ngekadalin kita juga ya ^ ^

  4. 4 rrr Maret, 26, 2009 pukul 5:08 pm

    pake kedelai mas untuk nabati

  5. 5 dhalsim November, 22, 2010 pukul 4:20 am

    oia om..
    saia berat badan 46 kg..
    saya ikut kgiatan fitnes …
    cra nyah gmna seh biar cepet tumbuh
    klo pke susu ddancow bsa gak om…
    mhon penjelasan nyah yea om..
    makasih… :)

  6. 6 shinobigatakutmati Desember, 11, 2010 pukul 5:23 am

    @ dhalsim: hehe… kalau anda para olahragawan, biasanya membutuhkan suplemen L-carnitine untuk fungsi penyerapan secara optimal. saya sendiri kurang tahu. ada baiknya anda konsultasi dengan dokter gizi mengenai diet fitness

  7. 7 fajar Januari, 12, 2011 pukul 5:48 pm

    saya makan telur maksimal 3 butir perhari berarti masih kurang dong haha !

  8. 8 arifin Februari, 20, 2011 pukul 6:46 pm

    minum susu HI- protein aja (WHEY Protein)

  9. 9 shinjou April, 11, 2011 pukul 5:41 pm

    kalo protein yg kita keluarin ama yang masuk ga seimbang gimana tuh??
    ada gak makanan yg bisa bost protein dgn cepat??? ^^

  10. 10 dhalsim April, 13, 2011 pukul 11:49 am

    ouh…oia mass saia mkan telur tpi putih nyah saja apa itu boleh,,
    saia mkan mentah nyah mas,,
    mhon penjelaan nyah ia mass…??

    • 11 shinobigatakutmati Juli, 21, 2011 pukul 8:56 pm

      salam mas dhalsim.
      putih telur atau biasanya disebut albumin memang kaya protein dan mineral seperti selenium, potasium dsbnya serta vitamin. asalkan matang, tidak masalah. masalahnya adalah ketika kita makan mentah. di telur, terdapat anti nutrisi yang disebut avidin, meski kadarnya 0,05% dari total protein telur tetapi efeknya pada tubuh adalah, avidin dapat menghalangi usus dalam menyerap vitamin. masalahnya bisa berakibat rambut anda akan cepat sekali rontok.

      tapi memang, biotin, kandungan dalam avidin, digunakan untuk terapi pencegahan kerontokan rambut. jadi ada kalanya, makan mentah ditujukan untuk mengambil biotin. meski demikian, lebih aman memakan telur yang sudah dimasak. sepakat?

  11. 13 agus jordison September, 20, 2011 pukul 9:24 pm

    wah… bagus info nya mas

    boleh nanya kgk mas?
    kebetulan saya lgi ingin menambah berat badan saya…
    tinggi saya 175cmn dengan berat 50kg
    di samping itu saya jg ikut latihan angkat beban di gym
    jadi saya mau menambah berat badan saya sekitar 11-12kg
    dan saya mengkunsumsi telur ayam 9butir perhari + suplemen penambah berat badan…
    apakah sdh cukup protein yg kita dapat perhari? dan brpa maksimal protein yg harus kita dpt kan setiap hari..?
    apakah terlalu bnyk/berlebihan sumber protein yg kita kunsumsi setiap hari dapat mengganggu kesehatan ?

    hehe… thx

    • 14 shinobigatakutmati Februari, 5, 2012 pukul 7:14 pm

      mas agus yang baik,
      akan coba saya jawab setidaknya semampu saya.

      bila berat tubuh mas 50kg, berarti idealnya adalah 5 telur setiap harinya. keinginan mas menaikkan tubuh menjadi lebih berat 12 kg, berarti ambil kisaran normalnya, mas sebenarnya sudah cukup mengkonsumsi 7 butir telur setiap harinya.

      tetapi tentu saja yang perlu diperhatikan adalah, gym merupakan bentuk exercise yg memakan banyak kalori. jadi kemungkinan suplemen penambah berat badan disarankan oleh instruktur adalah untuk memberikan efek terhadap pemenuhan zat-zat yang berfungsi “mengisi” otot, seperti l-carnitine.

      9 telur itu saya rasa sih terlalu banyak. tetapi itu tidak masalah, sekira mas tidak merasa terganggu dengan konsumsi 9 butir telur. kalau mas merasa timbul alergi, berarti perlu dikurangi jumlahnya.

      kalau soal protein yang harus mas serap tiap hari, khusus untuk kasus gym, saya tidak bisa menentukan, soalnya gym itu punya pakar diet tersendiri dan ketentuan yang diberikan umumnya juga sudah menjadi hal yang layak, karena merupakan hasil penelitian juga. lebih tepatnya adalah tanyakan kepada instruktur anda, karena instruktur anda tahu bagaimana mengatur pola makan anda terkait dengan bagian tubuh anda yang mana yang akan di”kencang” kan.

      terlalu banyak protein, ya! itu mengganggu kesehatan. setidaknya… khusus untuk protein hewani…. ada sifatnya alergenik. akibat yg ditimbulkan biasanya bintil bintil pada tubuh atau timbul rasa mual. jadi usahakan untuk tidak berlebihan :)

  12. 15 emmhy Desember, 15, 2011 pukul 10:38 pm

    sy paling alergi dengan telur krn, ketika sdh memakannya pasti timbul jerawat diwajah sy

    berat badan sy 50 jd gmn yah cara menurunkan berat badan? :)

    • 16 shinobigatakutmati Februari, 5, 2012 pukul 7:18 pm

      mba emmhy yg baik :)

      suatu kesempatan yang baik untuk berbincang dengan anda. ya, betul mba emmhy, telur juga memiliki zat yang sifatnya alergenik. jadi bila tidak cocok mengkonsumsi telur, pastilah timbul bintil bintil pada kulit (bisa di wajah dlm bentuk jerawat, atau bagian lain di tubuh).

      coba untuk mengkonsumsi protein ternak lainnya :)

      berat badan anda 50kg, dengan tinggi berapa cm kalau boleh tau? saya rasa, porsi makan anda harus dikurangi bertahap demi tahap. terutama untuk soal ngemil. tetapi jangan berlebihan. usahakan tetap makan yg teratur. satu hal lagi, menurunkan berat badan yg baik adalah dengan petunjuk dari ahli gizi anda.

      sebenarnya ada cara menurunkan berat badan yg praktis, yakni dengan meningkatkan tingkat stres anda. ehhehe… tapi…. saya tidak menyarankan hal ini.

      semoga bermanfaat

      • 17 sandi April, 2, 2012 pukul 12:51 pm

        wah kalo telur semua bisa bisulan ga yahhhh!!!!!!
        kalo untuk ternak itu bedalagi ceritanya. rata-rata kebutuhan protein kasar ternak adalah 18 %


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




rodi rodi

November 2007
M S S R K J S
« Okt   Des »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  
Dengan bangga menjatakan bahwa Shinobi adalah:

haruhiism

another artwork:

my photobucket


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: